4 Hewan Ini Dipercaya Berusia Lebih Tua Dari Dinosaurus!

4 Hewan Ini Dipercaya Berusia Lebih Tua Dari Dinosaurus!

Jika merujuk pada hasil penelitian, fosil-fosil yang ditemukan seolah menunjukkan bahwa Dinosaurus dengan segala jenisnya adalah hewan tertua di muka bumi. Padahal tidak demikian adanya.

4 Hewan Ini Dipercaya Berusia Lebih Tua Dari Dinosaurus!

Memang selalu menarik untuk menungkap tabir sejarah tentang hewan purba. Pasalnya, Manusia di zaman Purba tidak mengenal teknologi atau terpikir untuk mencatat apa yang mereka temukan. Atau mungkin saja malah tidak ada Manusia saat itu.

Temuan fosil-fosil dinosaurus di berbagai negara menjadi bukti bahwa mereka adalah hewan purba yang pernah eksis, namun kini sudah punah. Kebanyakan orang menganggap mereka adalah hewan paling tua yang pernah mendiami planet ini.

Kenyataannya, ada fosil-fosil hewan purba lain yang telah terbukti berdasarkan penelitian, usianya jauh lebih tua dari Dinosaurus. Artinya, mereka dianggap lebih dulu ada dan eksis di muka bumi. Hewan apa saja?

1. Dickinsonia

Fosil Precambrian yang paling ikonik adalah fosil yang dimiliki oleh makhluk aneh bernama Dickinsonia, yang mana hidup pada masa Ediacaran, periode tepat sebelum Cambrian.

Berdasarkan hasil penelitian, fosil-fosil cantik ini berusia lebih dari 600 Juta tahun, atau jauh lebih tua dari Dinosaurus. Mirip dengan Ubur-ubur, Dickinsonia memiliki panjang antara beberapa milimeter sampai satu meter saja.

2. Haikouichthys

Sama seperti Dickinsonia, Haikouichthys juga hewan purba yang tinggal di lautan. Bentuknya mirip dengan ikan pada umumnya, tapi tidak memiliki rahang. Dipercaya hidup sekitar 520 sampai 535 juta tahun silam.

Menariknya, bentuk dari ikan Haikouichthys ini berbeda dengan fosil ikan purba yang ditemukan pada umumnya. Bentuk kepala dan leher mereka berbeda, mirip dengan ikan yang kita temui sekarang ini.

3. Pneumodesmus newmani

Ulat kaki seribu memang memiliki bentuk yang mengerikan, dan jenisnya pun ada banyak seperti lipan, kelabang, dan lainnya.

428 juta tahun yang lalu, menjelang akhir periode Silurian, ada seekor ulat kaki seribu berukuran kecil bernama Pneumodesmus newmani menjadi makhluk pertama yang diketahui sebagai hewan amfibi.

Fosilnya sendiri ditemukan di Skotlandia pada tahun 2004 silam, dan diketahui hanya memiliki panjang 1 cm.

4. Jaekelopterusm

Kira-kira 390 Juta tahun silam, sempat hidup jenis kalajengking laut yang sangat besar, dengan panjang tubuhnya bisa mencapai 2,5 meter. Dengan kata lain, Jaekelopterusm merupakan jenis arthropoda terbesar yang pernah ada dalam sejarah bumi ini.

Hanya saja, hasil penelitian menunjukkan bahwa makhluk itu tinggal di dasar sungai dan daerah air tawar lainnya bukan di lautan terbuka. Menariknya, Jaekelopterusm dipercaya sebagai puncak mata rantai makanan pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *