Apakah Neymar Suksesor Yang Tepat Untuk Messi di Barcelona ?

Apakah Neymar Suksesor Yang Tepat Untuk Messi di Barcelona ?

Terhitung sejak tahun 2004 silam hingga sekarang, Barcelona begitu mengandalkan Lionel Messi dalam usaha mereka mencapai target juara di akhir musim. Raksasa Catalan tampak sangat bergantung pada mega bintang Argentina tersebut.

Apakah Neymar Suksesor Yang Tepat Untuk Messi di Barcelona ?

Pelatih datang silih berganti, namun Messi tetap jadi andalan Barcelona. Begitu juga dengan komposisi pemain yang sudah mengalami perubahan beberapa kali. Selama Messi masih jadi tumpuan utama, pelatih dan pemain lain seolah hanya ‘pendukung’ saja dalam usaha klub memenangi trofi.

Messi sudah memenangi 34 gelar juara bersama Barcelona sejauh ini, termasuk diantaranya 10 gelar La Liga dan 4 trofi Liga Champions Eropa. Di usianya yang akan segera menginjak 33 tahun, Messi masih produktif musim ini.

Tapi sekali lagi, Messi sudah cukup tua, masa pensiunnya sudah dekat. Artinya, sudah menjadi kewajiban bagi Barcelona untuk mencari penerus yang tepat bagi sosok berjuluk la Pulga tersebut. Belakangan, nama Neymar mencuat ke permukaan.

Mega Bintang Brazil tersebut sejatinya sempat berkostum Barcelona bahkan meraup sukses. Tepatnya sejak diboyong dari Santos pada tahun 2013. Dia bertandem dengan Messi dan Suarez, duet ini menghasilkan treble winner di tahun 2015.

Dua tahun berselang, tepatnya di tahun 2017, Neymar memecahkan rekor transfer dunia dengan memutuskan hengkang ke Paris Saint-Germain. Sejak ditinggal Neymar, Barca memang tak pernah memenangkan liga Champions lagi sampai sekarang.

Tapi, kehadiran Messi membuat Barcelona masih bisa merengkuh titel lainnya seperti la Liga dan Copa Del Rey. Namun tetap saja, Raksasa Catalan merindukan gelar Liga Champions Eropa yang terakhir kali diraih pada tahun 2015.

Hingga muncul gagasan untuk memulangkan Neymar pada musim panas kemarin. Barcelona sudah melakukan upaya maksimal untuk mengembalikan bintang Brazil tersebut ke Camp Nou. Di satu sisi, Neymar juga sepakat, tapi PSG masih tak rela kehilangan bintang utama mereka tersebut.

Juara bertahan Ligue 1 Prancis mematok banderol yang sangat tinggi untuk pemain 27 tahun ini. Barcelona mundur, Neymar tetap bertahan di PSG, tapi tidak selesai sampai disini. Barcelona dipercaya masih akan mengupayakan kepulangan Neymar pada musim panas mendatang.

Rencana kepulangan Neymar ini tidak hanya bertujuan untuk menemukan tandem yang tepat bagi Messi di lini depan. Atau, sebagai bagian dari usaha mereka meraih gelar Liga Champions Eropa lagi. Jauh dari itu, tujuannya adalah menjadikan Neymar sebagai suksesor Messi.

Pertanyaannya, apakah Neymar adalah sosok yang tepat untuk dijadikan suksesor Messi ? Jika bicara performa, mungkin saja pemain Brazil adalah sosok yang tepat. Tapi dari segi usia, tampaknya ini bukan solusi yang bagus.

Barcelona mengandalkan Messi selama lebih dari 15 tahun terakhir, sedangkan Neymar saat ini akan berusia 28 tahun. Rasanya, paling lama kemampuannya di level top hanya bertahan 7 tahun ke depan saja, atau sampai yang bersangkutan berusia 35 tahun.

Dengan kata lain, Neymar bukan penerus jangka panjang yang tepat untuk Messi. Tapi, jika Barcelona memang hanya mencari solusi singkat, mereka bisa mempertimbangkan Bintang Brazil tersebut. Tapi dari segi statistik per musim, faktanya Messi masih unggul segalanya dibanding Neymar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *