Bergulirnya Bundesliga Adalah Bukti Kemenangan Manusia atas Virus Corona

Bergulirnya Bundesliga Adalah Bukti Kemenangan Manusia atas Virus Corona

Bundesliga Jerman menjadi liga sepakbola pertama yang bergulir kembali sejak pandemi Covid-19 melumpuhkan semua kompetisi tanpa terkecuali. Mulai Sabtu malam ini, 16 Mei 2020 bergulirnya sepakbola ditandai dengan laga antara Borussia Dortmund melawan Schalke 04.

Bergulirnya Bundesliga Adalah Bukti Kemenangan Manusia atas Virus Corona

Sejak bulan pertengahan bulan Maret lalu, Bundesliga Jerman resmi ditangguhkan, begitu juga dengan Liga Primer Inggris, La Liga, Serie A dan Ligue 1 Prancis.

Tak heran karena pandemi virus Corona yang telah menjangkiti banyak orang dan memakan banyak korban jiwa. Di Jerman sendiri ada lebih dari 175 Ribu orang yang telah terjangkiti wabah ini dan 8 Ribu orang diantaranya meninggal dunia.

Awalnya, pandemi ini membuat kompetisi sepakbola di Jerman menjadi tidak jelas kelanjutannya. Mengingat, penyebaran virus berlangsung intens. Namun, pihak otoritas terkait tentu tidak tinggal diam.

Menyusul telah dilonggarkannya aturan Lockdown oleh pemerintah Jerman, akhirnya Bundesliga benar-benar merealisasikan rencana pengguliran kembali sisa pertandingan musim ini. Mulai hari ini, Sabtu malam WIB, 16 Mei 2020.

Total ada tiga pertandingan yang dilangsungkan, termasuk diantaranya pertandingan antara Borussia Dortmund melawan rival abadi mereka, Schalke 04.

Nah, melihat fakta bahwa Bundesliga Jerman adalah kompetisi sepakbola pertama yang digulirkan, Ronald Okoth, pemain asal Kenya menganggapnya sebagai kemenangan umat manusia atas virus corona.

“Sudah pasti ini adalah pertanda jelas kemenangan umat manusia atas virus Corona. Ini adalah kemenangan besar sebab kami, dari berbagai belahan dunia, sedang melawan musuh yang sama – pandemi virus Corona,”

“Saya sudah melihat petunjuk kesehatan yang harus diikuti tim Bundesliga dan bila kami mengikuti mereka, pada akhirnya kami juga akan bisa ikut menang,” ujarnya ke Goal International.

Bundesliga Jerman memang resmi bergulir, namun dipastikan tidak ada penonton yang hadir selama pertandingan berlangsung atau di sisa kompetisi musim ini. Menurut Ronald Okoth, laga tanpa pertandingan terasa hambar.

“Kami sudah pasti akan merindukan atmosfir kejut yang selalu dibawa oleh fans,” tandasnya.

Setelah Bundesliga Jerman, diyakini ada beberapa kompetisi sepakbola lainnya yang juga akan bergulir dalam waktu dekat. Seperti Serie A Italia, Liga Primer Inggris dan La Liga Spanyol.

Sementara itu Ligue 1 Prancis, Eredivisie Belanda dan Liga Pro Belgia telah resmi dihentikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *