Dark Web, Sisi Gelap Dari Internet Yang Harus Dijauhi

Dark Web, Sisi Gelap Dari Internet Yang Harus Dijauhi

Para penggemar film, terutama film bertemakan hacker, tentu saja tidak asing dengan istilah ‘Dark Web’. Nah, belakangan ini Fenomena Dark Web menjadi ramai diperbincangkan karena kasus penjualan 9 Juta Akun Situs Jual Beli Online Tokopedia.

Tentu saja, banyak dari kita yang belum tahu banyak tentang Dark Web ini.

Dark Web, Sisi Gelap Dari Internet Yang Harus Dijauhi

Bisa dikatakan, Dark Web adalah sisi kelam atau sisi gelap dari Internet. Dark Web tidak bisa ditelusuri oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Selain itu, situs-situs di Dark Web juga tidak bisa diakses lewat browser umum seperti Chrome, Mozilla dan Opera.

Dengan sederet fakta di atas, artinya ada banyak informasi atau hal-hal yang bersifat rahasia dalam Dark Web. Ada banyak aktivitas ilegal di sana, mulai dari penjualan senjata api, obat-obatan terlarang, nomor kartu kredit, bahkan sampai penjualan manusia.

Tak hanya itu, banyak juga video-video terlarang, jauh dari kata normal yang tersebar di dark web. Perlu diketahui juga bahwa uang tidak berlaku disana, tapi pembayaran dilakukan dengan uang internet seperti Bitcoin.

Hampir semua situs web perdagangan gelap melakukan transaksi dalam bitcoin atau varian tertentu, tetapi itu tidak berarti aman untuk melakukan bisnis di sana. Anonimitas yang melekat pada tempat itu menarik para scammer dan pencuri.

Jauh lebih kelam lagi, ada penjualan manusia, penjualan organ tubuh, atraksi ilegal yang berhubungan dengan nyawa seseorang, video bunuh diri dan banyak hal mengerikan lainnya. Jadi, mendengar kabar tentang penjualan akun situs jual beli online adalah hal yang biasa di Dark Web.

Orang-orang yang melakukan aktivitas di dark web juga sangat merahasiakan identitas mereka. Tidak ada yang berani mengungkap identitas asli, dan selalu menggunakan sistem keamanan super ketat, mengingat Dark Web adalah tempat berkumpulnya para hacker.

Lantas, apa yang menjadi kesamaan Dark Web dengan Internet pada umumnya? Tak lain tampilan situs-situs yang ada disana. Bahkan, situs jual beli online juga memiliki tampilan yang sama, seperti keranjang belanja, daftar produk dan lain sebagainya.

Tapi, perlu dicatat bahwa Dark Web ini sebaiknya dihindari, karena jika nekat dan tidak tahu banyak, bisa jadi data-data pribadi kita akan dicuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *