Harddisk Tidak Terdeteksi Saat Install Windows 7? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Harddisk Tidak Terdeteksi Saat Install Windows 7? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Windows 10 adalah Sistem Operasi terbaru dari Microsoft. Selain memiliki user interface yang lebih futuristik, Windows 10 juga terbilang cukup ringan saat dioperasikan. Akan tetapi, tak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan windows 7 pada perangkat komputer atau laptop mereka.

Harddisk Tidak Terdeteksi Saat Install Windows 7? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Entah karena alasan pengoperasian lebih mudah atau spesifikasi perangkat yang akan lebih baik jika mengoperasikan windows 7. Tak heran banyak yang kemudian melakukan Downgrade pada perangkat Komputer atau laptop mereka, kembali menggunakan Windows 7.

Hanya saja, ada beberapa kasus gagal menginstall Windows 7 pada perangkat mereka. Kebanyakan penyebabnya adalah karena Harddisk tidak terdeteksi oleh Sistem Operasi Windows 7 saat proses instalasi berlangsung.

Lantas, mengapa harddisk atau perangkat penyimpanan pada laptop bisa tidak terdeteksi? Nah, ini dia beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya.

1. Laptop/Perangkat Komputer Tidak Mendukung Windows 7

Kasus ini sering kali terjadi pada laptop keluaran terbaru, mulai 2014 sampai sekarang. Penyebabnya karena Processor yang dibenamkan pada perangkat tersebut memang tidak lagi mendukung sistem operasi Windows 7.

Dengan kata lain, perangkat komputer atau laptop yang kita gunakan dipaksa untuk menginstal windows versi terbaru yang tak lain adalah windows 10.

2. Pengaturan Pada BIOS

BIOS adalah sistem yang pertama kali dijalankan perangkat komputer atau Laptop saat baru dinyalakan. Kita bisa mengatur banyak hal pada BIOS, termasuk untuk mengatur sistem operasi yang bisa dijalankan.

Ada beberapa pengaturan default pada BIOS yang memang sudah ditetapkan pihak produsen Laptop/Komputer agar hanya bisa digunakan untuk menginstall Windows 10. Jadi kita bisa mengubah pengaturan tersebut, seperti mengganti Boot Priority dari UEFI ke Legacy.

Untuk mengakses BIOS sendiri berbeda cara di setiap vendor motherboard/laptop yang kita gunakan.

3. Format Partisi Harddisk

Dan kemungkinan terakhir adalah karena format partisi harddisk yang memang secara default tidak bisa digunakan untuk menginstall windows 7.

Sebagai informasi, untuk menginstall windows 7 diperlukan Harddisk dengan format Partisi ‘MBR’, sedangkan harddisk yang kami maksud diatas biasanya memiliki partisi dengan format ‘GPT’. Jadi, harus lebih mengkonversi partisi tersebut, dari GPT ke MBR.

Caranya relatif mudah, bisa menggunakan perintah sederhana ‘Convert MBR’ pada Command Promt di antar muka installasi windows 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *