Ini Tanda-Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Asupan Garam

Ini Tanda-Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Asupan Garam

Garam mengandung Yodium yang memang sehat untuk tubuh, namun perlu diketahui juga bahwa kelebihan asupan garam juga tidak baik bahkan cenderung berbahaya.

Ini Tanda-Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Asupan Garam

Beberapa makanan mengandung jumlah garam yang tinggi seperti daging olahan sebaiknya dihindari. Daging olahan seperti Ham, Sosis, Nuget dan Bacon. Kandungan garam pada makanan-makanan tersebut sangatlah tinggi.

Untuk itu, kita perlu mengetahui tanda-tanda bahwa tubuh kita kelebihan asupan garam, sehingga bisa mengurangi konsumsi makanan seperti disebutkan diatas. Berikut tanda-tandanya.

Mulut kering

Ketika tubuh mendapat asupan garam terlalu banyak, akan ada rasa haus pada tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh tidak seimbangnya cairan dalam tubuh kita karena garam berlebih. Alhasil kita terus terdorong untuk minum.

Tapi, minum terlalu banyak tidak menyelesaikan masalah, mulut malah terasa kering dan pecah-pecah. Jika sudah mengalami gejala seperti ini, hentikan konsumsi garam untuk sementara waktu.

Nafsu makan buruk

Selain berdampak pada kesehatan secara langsung, ternyata asupan garam yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan nafsu makan berkurang bahkan cenderung buruk. Hal ini karena rasa asin pada makanan yang mengandung banyak garam.

Segera ubah pola makan, cukupkan konsumsi garam, jangan berlebih agar nafsu makan kembali normal.

Pembengkakan anggota badan yang tidak biasa

Jika kamu tiba-tiba menemukan adanya bagian tubuh tertentu yang bengkak, itu mungkin bukan karena kenaikan berat badan, tetapi lantaran tubuh mengumpulkan air disebabkan terlalu banyaknya timbunan garam.

Gejala ini dikenal dengan istilah Edema. Jika sudah merasakan gejala ini, segera tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tinggi asupan garam, serta perbanyak minum air putih.

Sering sakit kepala

Sering merasa sakit kepala ? Mungkin hal itu terjadi karena asupan garam berlebih dalam tubuhmu. Studi sudah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi 3500 Mg garam per harinya akan lebih sering merasa sakit kepala, ketimbang yang mengkonsumsi 1500mg garam.

Selalu ingin kencing

Rasa ingin kencing yang datang terus menerus ternyata tidak hanya disebabkan oleh kebanyakan meminum air putih saja. Faktanya, orang yang kelebihan mengkonsumsi garam juga bisa merasakan gejala ini.

Hal tersebut bisa terjadi karena ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan kelebihan garam pada tubuh. Hasilnya, kamu akan merasa ingin kencing secara terus menerus.

Lantas, berapa asupan garam yang tepat untuk tubuh ? Perharinya, jumlah yang ideal adalah 1500mg, hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam lebih dari 2300 mg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *