Percantik Foto Produk Demi Tingkatkan Penjualan Secara Online

Percantik Foto Produk Demi Tingkatkan Penjualan Secara Online

Meraup pundi-pundi rupiah dewasa ini sudah bisa dilakukan secara online. Bertebarannya sosial media dan marketplace memudahkan para produsen dan distributor memasarkan barang atau jasa yang mereka miliki.

Percantik Foto Produk Demi Tingkatkan Penjualan Secara Online

Menggiurkan memang, tapi semakin kesini, persaingan penjualan di Toko Online menjadi semakin ketat. Sering ditemui barang dengan kualitas biasa saja bisa laku keras di toko online, sedangkan barang yang berkualitas justru sepi peminat.

Ada beberapa faktor yang mendasari, termasuk salah satunya pengambilan foto produk tersebut sendiri. Fakta yang bisa kamu buktikan dengan survey di beberapa market place maupun sosial media, produk yang terpampang dalam gambar menarik ternyata lebih laku di pasaran.

Dengan kata lain, foto produk yang bagus membuat orang-orang lebih tertarik untuk membeli atau sekedar menawar. Wajar saja, detil produk yang terlihat pada foto juga membuat calon pembeli semakin yakin untuk membeli barang tersebut.

Bandingkan saja dengan foto produk yang asal-asalan, menggunakan kamera ponsel low-end, hasil blur, pencahayaan yang kurang, maka orang akan cenderung tidak tertarik bahkan untuk sekedar melihat saja.

Nah, jika kamu ingin meningkatkan hasil penjualan Online, cobalah untuk meningkatkan foto produkmu. Berikut kami berikan beberapa tips foto produk untuk tingkatkan penjualan online.

1. Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu syarat mutlak mengambil foto produk, kendatipun kamu menggunakan kamera ponsel sampai kamera high-end. Pasalnya, pencahayaan yang bagus akan menghasilkan detil gambar yang bagus juga. Detil foto produk akan membuat calon pembeli semakin yakin dengan barang yang kamu tawarkan.

Cara untuk mendapat pencahayaan yang bagus bisa dibilang cukup mudah. Jika ingin tanpa biaya, kamu bisa memanfaatkan sinar matahari. Usahakan jangan menggunakan flash bawaan ponsel atau flash bawaan kamera untuk menghindari pantulan cahaya. Sinar matahari adalah pencahayaan terbaik.

Sedangkan untuk cara yang bermodal, atau kamu yang berada di ruangan tertutup, bisa membuat atau membeli Box Studio mini yang lengkap dengan lampu pencahayaan di setiap sisinya. Hanya saja, harganya relatif mahal.

2. Tampilkan Detail Setiap Sisi Produkmu

Setelah pencahayaan sudah memadai atau siap, silahkan ambil gambar produkmu. Disini, kamu harus mengambil gambar produk mu dari segala sisi : atas-bawah, depan-belakang, maupun sisi kiri dan kanan.
Tujuannya tentu saja untuk meyakinkan pembeli tentang produk yang kamu tawarkan. Dengan foto yang jelas, mereka juga tidak akan bertanya tentang kondisi fisik produk atau barang yang kamu tawarkan.

3. Tarik Perhatian Konsumen Dengan Background yang Menarik

Calon pembeli biasanya hanya dapat melihat satu gambar saja dalam list produk di marketplace. Tentu saja mereka akan memilih harga terbaik dan judul terbaik, tapi selain itu gambar produk yang bagus juga dapat menarik perhatian mereka.

Untuk mendapat gembar produk yang bagus, kamu bisa menggunakan background yang unik dan menarik pada setiap foto produkmu. Misalkan background batik, warna pink, hitam, atau motif dan pernak-pernik tertentu. Sesuaikan dengan warna produk, agar tidak mengganggu gambar barang itu sendiri.

Gunakan background yang sama di semua foto produk kamu, selain lebih menarik, orang-orang juga akan mengenal foto tersebut sebagai identitas barang daganganmu.

4. Hindari Foto Blur/Goyang

Dan tips terakhir, jangan sampai foto produkmu tampak blur atau goyang, ini akan mempengaruhi detail foto tersebut. Caranya sangat mudah, arahkan titik fokus ke barang/produk kamu, jaga keseimbangan tangan agar tidak goyang, jika dirasa sudah fokus dan seimbang, barulah setelah itu pencet tombol shutter.

Sebagai informasi, ke semua tips di atas tidak hanya berlaku untuk kamera digital, tapi juga untuk kamera ponsel. Pencahayaan yang bagus akan sangat membantu kamera ponsel mendapat hasil foto produk yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *