“Yang Bilang Ronaldo Lebih Baik dari Messi itu Tidak Paham Sepakbola”

“Yang Bilang Ronaldo Lebih Baik dari Messi itu Tidak Paham Sepakbola”

Cristiano Ronaldo memang telah meninggalkan Real Madrid sejak dua tahun lalu, namun mega bintang Portugal masih tetap dibandingkan dengan Lionel Messi. Tampaknya, perdebatan tentang siapa yang lebih baik antara mereka masih akan terus berlanjut.

“Yang Bilang Ronaldo Lebih Baik dari Messi itu Tidak Paham Sepakbola”

Messi dan Ronaldo memang terlihat seperti bersaing satu sama lain dalam hal prestasi individu. Persaingan keduanya sudah berlangsung selama lebih dari satu dekade terakhir. Messi memenangkan 6 gelar Ballon d’Or, sementara Ronaldo baru mengoleksi lima.

Rivalitas keduanya tampak semakin memanas, semenjak kedatangan Cristiano Ronaldo di Real Madrid pada tahun 2009 silam. Pasalnya, Messi merupakan pentolan utama Barcelona yang merupakan rival abadi Real Madrid.

Setelah sembilan tahun berlalu, Ronaldo meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan Juventus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Meski begitu, rivalitasnya dengan Messi ternyata masih tetap diperbincangkan sampai sekarang.

Banyak yang menganggap bahwa Cristiano Ronaldo lebih baik dibandingkan Messi. Meskipun memenangkan Ballon d’Or lebih sedikit, tapi sosok berusia 35 tahun itu mampu bersinar di empat klub berbeda sepanjang karirnya.

Ronaldo tampil cemerlang bersama Sporting CP, Manchester United, Real Madrid dan sekarang Juventus. Sedangkan Messi hanya membela Barcelona sepanjang karirnya sejauh ini.

Di satu sisi, Ronaldo juga telah mencatat prestasi di panggung Internasional bersama dengan Timnas Portugal pada ajang Piala Eropa 2016 lalu. Sedangkan Messi belum memenangkan gelar apapun bersama Timnas Argentina.

Namun, pandangan yang berbeda diutarakan legenda AC Milan, Marco Van Basten. Menurutnya, hanya mereka yang tidak mengerti sepakbola bisa mengatakan bahwa Ronaldo lebih baik dari Messi.

“Cristiano Ronaldo adalah pemain hebat, tetapi mereka yang mengklaim bahwa dia lebih baik daripada Messi, tidak mengerti apa-apa tentang sepak bola atau mengatakannya dengan niat buruk,” kata Marco Van Basten kepada Corriere della Sera.

Lebih lanjut, legenda sepakbola Belanda ini menilai bahwa pemain seperti Lionel Messi tidak memiliki suksesor. Dia adalah bakat alami sepakbola yang hanya muncul sekali dalam 50 atau 100 tahun.

“Messi itu unik, tidak dapat diduplikasi dan tidak dapat diulang. Pemain seperti dia muncul setiap 50 atau 100 tahun. Sebagai seorang anak dia jatuh ke pot jenius sepak bola,” ucap Marco Van Basten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *